Jakarta (6/11/2018), PBMT Indonesia melaksanakan salah satu acara akbarnya yaitu Silaturahmi Nasional Perhimpunan BMT Indonesia 2018 yang diadakan di Komplek Putri Duyung Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, acara tersebut dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia bapak Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta bapak Anies Baswedan yg sebelumnya adalah Dewan Pakar Perhimpunan BMT Indonesia, serta 400 peserta yang berasal dari 180 BMT anggota Perhimpunan BMT Indonesia.

DSC_1476

          Silaturahmi Nasional Perhimpunan BMT Indonesia 2018 maengangkat tema : Peran Gerakan BMT Dalam Memperkuat Ekonomi Negeri, mendapat dukungan penuh dari Mentri Koperasi dan UMKM dalam sambutanya beliau menyetakan : " Saya menaruh harapan besar terhadap BMT untuk terus bersinergi mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Saya optimis akan hal itu, ". Puspayoga pun menekankan bahwa pelaku bisnis tidak boleh hanya mencari keuntungan semata. Tapi juga harus memiliki benefit dan menguntungkan secara sosial. "Jangan menjadi kapitalis, melainkan social enterpreneur. Misalnya, mampu mengolah satu produk agar tetap memiliki harga menarik meski usai panen harga biasanya turun," kata Menkop lagi.

          Acara yang berlangsung pada tanggal 6-8 November ini juga dihadiri oleh banyak pembicara lainya Jularso (Ketum PBMT Indonesia),  M. Awalil Rizky (Chief Economist PBMT Ventura), Bhima Yudhistira (Ekonom Indef), Adiwarman Karim (Praktisi Ekonomi Syariah), Abdullah Hehamahua (Mantan Penasihat KPK), Bachtiar Natsir (Sekjen MIUMI & Pengurus Pusat MUI), Muhammad Ridwan (Direktur PBMT Maal), Faisal Abdul Haris (Direktur PBMT IMS).

          Pada kesempatan ini juga Menteri Koperasi & UMKM, Ust Bachtiar Natsir dan Majelis Pengurus Pusat meresmikan launching program Wakaf Masjid PBMT Maal for Palu & Lombok. Program ini adalah lanjutan bantuan untuk saudara-saudara tanah air kita yang sebelumnya terkena bencana alam gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang ada terjadi di Lombok dan Palu tahun ini.

IMG_9661

          Acara Silaturahmi Nasional Pehimpunan BMT Indonesia merupakan agenda tahunan yang sangat dinanti oleh pegiat BMT untuk saling bertemu, berbagi ilmu dan semangat kepada sesama anggota PBMT Indoesia yg tersebar di 11 Provinsi seluruh nusantara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *