Dalam agama, Ibu adalah tiang agama. Dan ibu-ibu pun memiliki kedudukan tiga kali lipat lebih tinggi dari suami dalam keluarga. Dalam kondisi yang kekurangan, Kini, ibu-ibu pun menjadi penyangga ekonomi keluarga.  Membantu ekonomi keluarga lebih sehat demi masa depan anak dan keluarga. Pemberdayaan ibu-ibu dhuafa adalah solusi yang harus selalu kita hargai dan apresiasi. Baitul maal BMT adalah solusi.

BMT BUM (Bina Umat Mandiri) Tegal memulai  untuk memberdayakan ibu-ibu disekitar kantor BMT BUM Tegal. Mereka adalah Ibu-ibu rumah tangga dari golongan kurang mampu dan tidak memiliki pekerjaan dan keahlian. Ibnun Aslamadin, SH, MH, selaku manajer Melalui Baitul Maal BUM mengatakan mereka dilatih untuk membuat produk demi meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Ibnun menambahkan, Dari hasil berbagai pelatihan yang  telah dilaksanakan telah terbentuk berbagai kelompok usaha bersama (KUBE) dengan berbagai jenis produknya.  Dengan begitu, ibu-ibu tersebut yang selama ini hanya menganggur dirumah bisa punya pekerjaan sampingan, bahkan bisa menjadi salah satu penopang ekonomi keluarga.

“Ada empat kelompok Kube yang dibentuk oleh baitul maal BUM, masing-masing kelompok terdiri dari 5 anggota yang aktif. Sehingga total ibu-ibu yang dibina baitul Maal BUM mencapai dua puluh orang. Aktivitas Kube selain produksi, mereka membuat kegiatan MKU (membangun keluaga utama) salah satunya membaca al-Qur’an ” tambahnya.

Dari hasil pelatihan tersebut masing-masing kelompok KUBE memiliki produk yang lumayan banyak. Dan hasil produksi mereka kemudian di pasarkan keliling ke toko-toko dan warung yang berada di sekitar tempat tinggal mereka.

Karena ibu-ibu yang tergabung dalam kube ini kesulitan mengedarkan produknya.  Akhirnya, mereka dan baitul maal Bum memutuskan untuk tetap memasarkan  keliling produk mereka dan mendirikan pusat produk kube yang di beri nama “Pojok kube”.

Di gerai ‘pojok kube’ ini menyediakan berbagai snack kering dan basah serta jajanan pasar.  Dengan adanya pojok kube, peserta kube bisa tetep berproduksi tanpa takut barang tidak terjual. Inovasi dan marketing keliling tetap menjadi kunci sukses kube bisa berjalan dan selalu memberi manfaat.

Hasil keuntungan dari penjualan di gerai “pojok kube”, selain untuk  membeli produk-produk kube, sebagian keuntungan pojok kube juga di masukkan sebagai infaq baitul maal Bum yang nantinya akan disalurkan untuk pemberdayaan baru ditempat lain.  Pojok kube ini beralamat di Jalan Ujungrusi Adiwerna, kabupaten tegal.

Bagi anda yang memiliki kesempatan jalan-jalan melalui kota tegal, tidak ada salahlah bila menyempatkan diri untuk mampir dan mencicipi produk kube ini. karena berapa pun Anda belanja, otomatis Anda telah membantu memberdayakan ibu-ibu kube dan berinfak untuk umat. Selamat mencoba.[]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *