img_0055

img_0055

Semarang, memasuki halaman hotel Patra jasa, berjajar mobil dari peserta rapat Akbar Perhimpunan BMT Indonesia Wilayah Jawa tengah. Beberapa mobil ambulan yang bertulis “Ambulan Gratis untuk Dhuafa” begitu jelas terpampang.

Memasuki aula tempat acara, peserta terlihat antri, satu persatu peserta melakukan registrasi. Memang PBMTI Jateng terdiri dari 28 MPD dengan jumlah mencapai 272 BMT. meliputi kabupaten dan kota seleuruh jawa tengah.

Rapat Akbar merupakan pertemuan semua anggota PBMT Jateng untuk membahas program kerja bersama, sekaligus untuk mensukseskan blue print yang terdapat dalam Haluan BMT 2020. Rapat akbar kali ini mengusung tema “Penguatan Jati diri BMT sebagai gerakan koperasi menjadi soko guru perekonomian indonesia. Yang dilaksanakan pada 15-16 desember 2015, di Hotel Patra Jasa Semarang.

Yusuf, SE selaku ketua panitian menyampaikan agenda rapat akbar kami ini adalah kelanjutan dari Gerak (gerakan bangga koperasi) yang beberapa minggu yang lalu diluncurkan di jakarta. Gerak ingin menyampaikan pesan bahwa koperasi bukan untuk dikasihani, tapi koperasi adalah solusi untuk perekonomian indonesia ke depan.

 

“Kedepan, kita akan mengahadapi tiga momen penting, pertama, kita memasuki 70 tahun indonesia dimana perekonomian masih dikuasi oleh kapital. Kedua, diakhir  tahun 2015 ini kita akan menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA). Ketiga, mesti ekonomi indonesia sedang dilanda krisis, koperasi atau BMT mampu bertahan menhadapi terpaan krisis ekonomi.” Tambah Yusuf

 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah Ir. Gayatri Indah Cahyani, M.Si dalam sambutannya mengatakan selamat atas terselenggaranya rapat akbar PBMTI Jawa tengah. koperasi jangan sampai dipinggirkan, koperasi harus ikut dalam pengembangan ekonomi saat ini. dan koperasi saya kita ada dalam hati bapak-bapak sekalian. Sebagaimana mana dalam lagu haluan BMT 2020, satukan langka, koperasi pasti jaya.

Dalam Rapat Akbar PBMTI Wilayah Jawa Tengah kali ini memiliki beberapa agenda antara lain, satu, peluncuran GERAK (gerakan Bangga Koperasi) wilayah jawa tengah. Dua, seminar tentang penguatan jati diri BMT sebagai gerakan koperasi menjadi soko guru ekonomi nasional dengan narasumber Dr. Adiwarman Karim, MBA, MAEP. Tiga, sidang komisi baitul tamwil dan baitul maal. Kemudian, sosialisasi peraturan pemerintah dan kupas tuntas PBMT Ims,  Terakhir, sidang pleno.

Dalam seminar, Adiwarman menjelaskan bahwa asal kata dari koperasi itu dari bahasa arab yakni syirkah. Yakni saling kerjasama. Jadi jelas asal koperasi itu dari syariah. Dalam koperasi dikenal one man, one viote (satu orang, satu suara).

Tahun 2016, industri keuangan akan menerapkan transaksi keuangan dengan teknologi tinggi, salah satunya semua transaksi dilakukan melalui handphone (HP).  Tahun 2016 mereka telah menyiapakan teknologi tersebut 2,5 juta.

Sedang BMT, masih bingung soal legal-formal. Padahal pesaingnya sudah menyiapkan strategi . oleh  karena itu, BMT harus lebih cepat melakukan perubahan. Salah satu strategi yang harus dirubah adalah merubah dari market power menjadi market empowerment. BMT cari Profit yang tinggi, tetapi ketika sudah didapatkan keuntungan tersebut harus segera dikembalikan lagi kepada anggota. Dengan maksud, anggota bisa meningkatkan produksinya.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *